Khasiat Alang-alang Yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Halo sobat semua kini admin mau menerangkan khasiat dari tumbuhan alang alang. Tentunya sobat semua tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di pinggir sungai, di hutan dan ada juga di pinggir rumah yang mempunyai lahan luas.

Tanaman ini termasuk famili poaceae, setiap daerah menamakannya pun berbeda - beda :

- BATAK ( RIH )

- MINANGKABAU ( ALALANG)

- LAMPUNG ( LIOH)

- ACEH ( NELELENG LAKU)

- SUNDA ( KIEURIH)

- JAWA ( ALANG - ALANG)

- FLORES ( RII)

- SUMBAWA ( RE)

- KALIMANTAN ( HALALANG)

- IRIAN ( KALEPIP)

Tumbuhan ini termasuk habitat semak, menahun tingginya sekitar 1-1.5 m. Batang lunak, keunguan Daun tunggal, lanset tepi rata, hijau. Bunga majemuk bentuk malai, panjang 16-30 cm, benang sari dua, kepalasari putih atau ungu, tangkai putik dua akarnya akar serabut. 

BISAKAH TUMBUHAN DI SEKITAR KITA BISA BIKIN WAJAH CERAH DAN BERSIH..? INI LEBIH JELASNYA

KANDUNGAN KIMIA : Akar mengandung saponin dan tanin daunnya mengandung polifenol

KEGUNAANNYA : Melancarkan air seni, mengobati kencing batu, hipertensi akibat sakit ginjal, radang paru-paru - paru, asma, mimisan, prostat, diare dan keputihan.

CARANYA CUKUP MUDAH : Ambil daun alang alang 100 gr atau secukupnya cuci bersih terus di Potong kecil-kecil terus Di rebus gunakan air 3 gelas. Tunggu dan biarkan hingga sisa airnya sampai menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan diamkan sebentar air rebusan alang-alang sampai hangat kuku dan saringlah untuk memisahkan ampas. Minumlah secara rutin 2 kali sehari.