majoo.id
 

Sudahkah Anda mencetak dan menyertakan rekening koran saat ikut lelang proyek? Apa itu rekening koran sebenarnya? Sebagai pemilik usaha Anda harus tahu apa itu rekening koran, karena hal ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti lelang proyek.

Males baca? Tonton aja di youtube:

Syaratnya tentu bukan hanya rekening koran saja, masih banyak syarat yang harus dipenuhi mengingat peserta bisa saja banyak. Perusahaan pemberi proyek akan menyeleksi perusahaan penyedia melalui syarat-syarat yang dikumpulkan.

Bagaimana cara Anda supaya bisa menang tender apalagi sebagai perusahaan rintisan? Langsung saja cek tipsnya.

Tips Sukses Menang Tender sebagai Perusahaan Rintisan

Secara umum tahapan mengikuti tender dimulai dari pelaksanaan kualifikasi dari peserta yang telah mendaftar dengan melengkapi syarat. Kemudian vendor yang mengikuti akan mendapatkan undangan.

Perusahaan yang memperoleh undangan tersebut akan diberikan penjelasan untuk membuat presentasi sesuai dengan penawaran. Pihak perusahaan akan mengevaluasi dan akhirnya mengumumkan pemenangnya.

Sebuah proses panjang yang cukup memakan waktu, namun jika proyek yang diberikan cukup besar tentu akan menguntungkan. Terutama jika perusahaan yang memenangkan baru saja dirintis.

Supaya Anda bisa memenangkan tender, ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut.

  1.  Mempersiapkan Syarat dan Kelengkapan Perusahaan

Setiap tender yang diadakan memiliki syarat tertentu. Layaknya perlombaan Anda harus memenuhi semua syaratnya termasuk kelengkapan perusahaan. Akta perusahaan, NPWP, SPT tahunan, izin usaha, rekening koran adalah kelengkapan perusahaan yang harus dipenuhi.

Pastikan Anda memenuhi semua syarat dan mengumpulkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Cek ulang sebelum mengumpulkan untuk menghindari ketidak lengkapan dokumen.

  1. Mengumpulkan Informasi Penting mengenai Tender

Sebagai peserta tender Anda harus paham betul mengenai proyek yang akan diberikan. Selama tender berlangsung Anda juga perlu menggali lebih banyak informasi. Mulai dari siapa saja kompetitornya dan kriteria proyek seperti apa yang bisa menang.

Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengenali profil perusahaan yang mengadakan tender. Mencari tahu tender sejenis lainnya yang juga diadakan oleh perusahaan sama. Kumpulkan informasi tersebut agar bermanfaat ketika merencanakan presentasi.

  1. Mengajukan Biaya yang Mendekati Harga Tender

Masalah harga tentu jadi pertimbangkan besar bagi perusahaan yang mengadakan lelang. Anda sebagai perusahaan rintisan boleh saja memberikan harga yang berada di atas harga tender.

Namun tetap perhatikan selisihnya, jangan sampai terlalu mahal atau memiliki selisih yang terlalu banyak. Pastikan harganya mendekati harga tender, karena harga yang terlalu mahal kemungkinan besar akan gagal.

  1. Mempersiapkan Penawaran dengan Baik

Sebelum Anda mengajukan penawaran, buatlah sebaik-baiknya. Anda tidak tahu penawaran seperti apa yang diberikan oleh perusahaan kompetitor. Namun Anda perlu memastikan bahwa penawaran yang diajukan tak kalah dengan kompetitor.

Promosikan soal manfaat akan didapatkan baik dari segi biaya, waktu pengerjaan, proses dan juga apa saja yang dikerjakan. Supaya mendapatkan kepercayaan Anda bisa memberikan bukti keahlian dan pengalaman sebelumnya pada proyek sejenis.

  1. Membentuk Tim Khusus

Tidak ada salahnya jika Anda membentuk tim khusus untuk menangani proyek ini dari pengerjaan proposal sampai presentasi. Pilihlah tim yang kreatif dan paham betul sial tender yang diikuti, baik dari segi tema dan konsep yang ingin dibuat.

Hadirnya tim khusus ini akan membuat fokus pada tender lebih baik lagi. Keseriusan Anda dalam membentuk tim dan membuat konsep yang bagus pun nantinya akan terbayarkan.

  1. Pastikan Tidak Melakukan Kecurangan

Salah satu kesalahan terbesar dalam mengikuti tender adalah kecurangan atau menggunakan segala cara untuk bisa menang. Justru hal ini akan membuat Anda kalah apalagi jika ketahuan oleh perusahaan yang mengadakan tender.

Apalagi jika kecurangan yang terjadi sifatnya melanggar hukum. Tender yang diikuti bukannya memberikan keuntungan tapi justru kerugian. Bermain dengan jujur justru akan memberikan tampilan sisi positif dan potensial dari bisnis Anda.

Memang tidak mudah untuk bisa memenangkan tender, apalagi Anda adalah pemain baru yang belum punya pengalaman sama sekali. Informasi adalah hal penting yang harus Anda peroleh baik itu soal penyelenggaraan tender dan jenis proyeknya.

Selama Anda berusaha untuk menampilkan yang terbaik, maka usaha tersebut pasti akan terbayarkan.