suzuki.co.id

Suzuki Thunder 125 adalah sepeda motor produksi dari Suzuki yang terkenal memiliki kemampuan tangguh dan berkelas di zamannya. Motor ini hadir dengan mengusung beberapa perubahan menarik yang dihadirkan oleh Suzuki kala itu.

Misalnya saja seperti pada panel indikator dan jugas speedometer yang menggunakan konsep klasik tapi tetap memiliki cita rasa modern karena kehadiran dari 2 buah indikator analog yang berbentuk bulat di dalamnya.

Untuk masalah kapasitas bahan bakar sendiri, Suzuki Thunder 125 sudah dibuat jauh lebih menarik. Pengendara akan dibuat nyaman dan tertantang untuk berkendara menggunakan sepeda motor ini untuk touring atau perjalanan jauh karena dimensi yang pas dan juga keergonomisan dari Suzuki Thunder 125.

Mesin yang digunakan pada Suzuki Thunder 125 ini sendiri adalaah mesin SOHC 4 langkah yang memiliki 1 silinder tunggal dengan kapasitas 125 cc dan transmisi manual 5 percepatan.

Penggunaan mesin tersebut membuat Suzuki Thunder 125 mampu menghasilkan torsi maksimal yang mencapai 9,4 Nm untuk 7500 rpm dan juga tenaga maksimal 11 PS untuk 900 rpm. Sepeda motor ini juga sudah menggunakan sistem penyuplai bahan bakar yakni karburator konvensional dengan CDI yang bisa menghasilkan tenaga galak namun tetap irit konsumsi bahan bakar.

Review Suzuki Thunder 125, Motor Tangguh Yang Mulai Dilupakan

Jauh sebelum kehadiran dari Suzuki GSX di Indonesia. Sebelumnya Suzuki sudah pernah merilis motor sport legendaris dari mereka yakni Suzuki Thunder 125 yang menjadi motor sport mesin kecil terkenal dan juga digemari saat itu.

Jika kita menilik sejarah, Suzuki Thunder pertama kali dirilis di tahun 2004 dengan menggunakan konsep dan juga model yang sederhana yakni lampu bulat, tangki besar dan pelek bintang.

Kala itu, Suzuki Thunder 125 menjadi motor yang paling murah jika dibandingkan dengan kompetitor. Namun inilah yang menjadikan ia sangat populer dan naik daun seiring dengan penggunaanya yang tumbuh subur di Indonesia. Motor ini juga bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat yang mendambakan motor sport dengan harga terjangkau kala itu.

Suzuki Indomobil Sales juga pernah merilis versi terbaru dari sepeda motor ini di tahun 2006 dengan mendapatkan tambahan starter kick. Di tahun 2011 juga muncul versi facelift yang mendapatkan tambahan desain yang menjadi semakin modern.

Perubahan pada versi ini terlihat dari desain velg dan juga bentuk spion yang terlihat lebih berbeda dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya dari Thunder 125.

Walaupun begitu, Suzuki tetap memberi sentuhan mirror misalnya seperti tutup tangki yang dibuat lebih bulat serta rata.

Kesan sporty mencoba ditonjolkan oleh Suzuki melalui desain lampu belakang yang dibuat berbentuk kotak dan juga striping body dengan desain yang atraktif.

Sayangnya PT SIS menghentikan produksi dari Suzuki Thunder 125 di tahun 2015. Walaupun sejatinya, motor ini masih tetap diproduksi di beberapa negara seperti di Vietnam yang menamai motor ini dengan nama Suzuki EN 125.

Salah satu nilai jual yang menjadi keunggulan dari Suzuki Thunder 125 adalah terletak pada kapasitas tangki bahan bakar.

Dimana untuk ukuran motor sport 125cc, Suzuki thunder sudah memiliki kapasitas tangki yang masuk dalam kategori besar. Bahkan ukuran kapasitas tangki dari Suzuki Thunder ini mampu menampung bahan bakar mencapai 15 liter.

Dulu juga sempat viral karena brosur penjualan yang dikeluarkan oleh Suzuki. Dimana pihak Suzuki mengklaim jika Thunder 125 ini bisa menempuh jarak dari Jakarta sampai Tuban jawa Timur dengan hanya 1 kali isi bahan bakar penuh. Hal inilah yang membuat Suzuki Thunder 125 menjadi sepeda motor favorit penjual bensin eceran di Indonesia.

Suzuki Thunder 125 juga menawarkan posisi berkendara yang sangat nyaman. Dengan kombinasi stang lebar dan juga tinggi serta jok dengan posisi duduk yang rendah dan empuk, disempurnakan dengan letak dari pijakan kaki yang lebih maju membuat siapa saja akan nyaman berkendara menggunakan Suzuki Thunder 125.

Nah itulah ulasan tentang review dari Suzuki Thunder 125, semoga informasi ini bisa bermanfaat.