Penulis     : Yogi Prasetyawan
Blog         : VexaGame

Pemahaman dan Peranan Hardware Komputer atau yang umum kita sebutkan sebagai perangkat keras dalam Bahasa Indonesia adalah perangkat komputer yang dapat kita saksikan dan sentuh secara riil dan bermanfaat untuk memberikan dukungan proses komputerisasi. Berdasarkan Wijaya Ariyana dan Deni Bijakianto yang disebut pakar dalam sektor hardware, pemahaman pengertian hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

Perangkat keras bekerja sesuai perintah penggunanya atau umum kita sebutkan sebagai brainware. Dengan itu, karena itu perangkat keras bisa lakukan berbagai macam aktivitas yang sudah ditetapkan oleh pengguna.


Pengertian dan Fungsi Hardware

Ada berbagai macam jenis hardware yang mempunyai fungsinya masing-masing. Tiap hardware berperan penting sama keperluan dan perintah pengguna. Berikut 4 fungsi-fungsi dari hardware:

  1. Menerima Input, karena itu hardware akan menerima input yang pengguna berikan dan diubah menjadi informasi baru untuk dijalankan dan diproses pada mekanisme komputer. Contoh proses perangkat yakni CPU, RAM, VGA, dan lain-lain.
  2. Memproses Data/ Info, pada step ini hardware akan memproses data/info yang dia terima untuk selanjutnya diproses menjadi informasi baru. Sesudah data ini di input maka dapat di transfer pada output.
  3. Memberi Output, proses satu inilah yang sama-sama mempengaruhi di antara output dan input. Karena setelah semua diolah selanjutnya hardware akan memberikan output pada pengguna dan bisa disaksikan yang diperlihatkan lewat hardware khusus.
  4. Simpan Data/ Info, dalam langkah ini karena itu pengguna bisa simpan hasil semua output pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan bisa dilakukan bukan hanya pada perangkat yang dipasang dalam komputer tetapi bisa juga dilakukan dari perangkat yang terpasang di luar komputer.

Jenis dan Tipe Hardware dan Contohnya

Sama perannya, hardware terdiri dari beberapa jenis. Berikut contoh hardware dan perannya :
Perangkat Input (Input Device)

Input perangkat (perangkat saran) adalah hardware atau perangkat keras yang bermanfaat untuk masukkan data atau informasi ke komputer. Data atau informasi itu bias berupa gambar, text, video, dan audio. Contoh-contoh input perangkat diantaranya Keyboard, Mouse, Microphone, Webcam, dan sebagainya.


Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Perangkat Pemrosesan adalah perangkat komputer yang berperan untuk memproses atau mengolah bermacam data dan info yang dimasukkan pada dalam komputer. Perangkat Pemrosesan dapat dikatakan sebagai otak komputer karena bias mengolah informasi yang dimasukkan pada komputer. Contoh-contoh Perangkat Pemrosesan adalah CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphics Adapter), RAM (Acak Access Memori), Power Suplai, dan sebagainya.

Perangkat Output (Output Device)

Perangkat output adalah perangkat dalam komputer yang bermanfaat untuk memuat dan hasilkan beberapa data dalam komputer dan dikeluarkan lewat perangkat lain yang tersambung ke komputer. Misalkan informasi atau data yang dikeluarkan berbentuk gambar, text, video, dan audio. Beberapa hardware untuk output perangkat itu salah satunya Monitor komputer, Projector, Printer, dan sebagainya.

Perangkat Penyimpanan (Penyimpanan Unit)

Perangkat penyimpan adalah hardware yang bisa menyimpan informasi dan data, baik itu berbentuk perangkat dalam komputer atau di luar komputer. Salah satunya contoh penyimpanan unit yang ada dalam komputer adalah harddisk yang berperan sebagai alat penyimpanan data. Penyimpanan data bukan hanya bias dilakukan dalam komputer, tetapi juga bias dilakukan di luar komputer dengan hardisk external.

Penutup

Begitu pemahaman dan peranan tiap hardware yang berperan penting dalam setiap stepnya. Hardware dalam komputer sangat membantu aktivitas seperti pada perkantoran dan sekolah atau membuat artikel untuk konten blog. Walau demikian, penting untuk menjaga hardware supaya tidak ada kerusakan yang bisa mengganggu aktivitas saat diperlukan. Kamu bisa juga memperoleh beberapa informasi menarik sekitar teknologi di VexaGame

Baca Juga: