Membuat Poster Digital dengan Aplikasi Sederhana

Poster digital adalah gambar digital atau grafik gerak yang menampilkan informasi yang relevan kepada audiens. Informasi yang ditampilkan pada poster digital dapat mencakup waktu mulai dan ketersediaan tiket untuk acara mendatang, pengumuman layanan masyarakat, atau iklan untuk sebuah produk baru.

Poster digital merupakan bagian terpenting dalam sebuah alat promosi bisnis saat ini. Poster digital juga lebih murah, lebih menarik pelanggan, dan lebih mudah dikelola. Banyak pelaku bisnis setiap tahunnya beralih ke poster digital. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara membuat poster digital untuk bisnis, poster digital untuk film, poster digital untuk acara atau kebutuhan lainnya. Jika kamu sedang mencari cara membuat poster digital, kamu berada di tempat yang tepat!


Ilustrasi Poster Digital


Apa yang kamu butuhkan untuk membuat poster digital

Untuk membuat poster digital, kamu membutuhkan tiga komponen penting. Pertama, kamu harus memiliki sebuah layar atau monitor. Bisa menggunakan TV atau monitor komputer. Tidak perlu menggunakan alat yang mahal, yang penting layar tersebut mendukung HDMI. Nanti kita bahas lebih lanjut mengapa fitur ini penting.

Ingatlah bahwa bisnis kamu mungkin memerlukan layar yang lebih besar dan dengan kualitas dan harga yang lebih mahal lagi dibandingkan alat yang tadi yang hanya menggunakan TV. Layar yang lebih besar mungkin diperlukan jika poster digital kamu akan dipajang di luar atau harus dipasang selama 24 jam non-stop.

Selanjutnya, Kamu harus menyiapkan sebuah media player. Perangkat ini adalah bagian fisik dari perangkat keras yang membuat poster digital kamu bisa ditampilkan di layar. Tentu saja media player kamu miliki harus dengan kualitas yang baik karena alat tersebut akan dinyalakan selama 24 jam setiap harinya. Salah satu pilihan perangkat yang bagus adalah Raspberry Pi. Raspberry Pi adalah sebuah perangkat mini yang harganya sekitar US $ 30 atau sekitar Rp. 428.377 saja dan sekitar US $ 100 atau sekitar Rp. 1.427.925 dengan alat lain yang dibutuhkan seperti kabel dan lainnya. Yang penting, Raspberry Pi lebih hemat daya karena hanya menggunakan listrik 3 watt. Media player ini menampilkan konten melalui port output HDMI, oleh karena itu penting bagi layar yang kamu miliki untuk mampu menerima input HDMI.

Terakhir, Kamu memerlukan perangkat lunak manajemen poster digital untuk pemutar media Kamu. Fitur utama dari perangkat lunak ini memungkinkan layar Kamu untuk menampilkan poster Kamu. Fitur ini termasuk menampilkan poster Kamu dalam ukuran yang sesuai untuk layar Kamu dan memastikan transisi yang mulus di antara beberapa poster. Fitur sekunder dari perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mengelola poster digital mereka dari jarak jauh. Sebaliknya, pengguna dapat mengubah konten poster mereka dari mana saja melalui komputer atau laptop mereka. Meskipun manajemen jarak jauh mungkin tampak seperti fitur sederhana, ini akan menghemat banyak waktu Kamu dan karyawan, terutama jika bisnis Kamu memiliki banyak poster digital.

Alat untuk membuat konten poster digital

Setelah Kamu menyiapkan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk poster digital Kamu, Kamu sudah setengah jalan ke garis finish. Selanjutnya, Kamu perlu membuat poster yang indah, menarik dan informatif yang mampu menyampaikan pesan bisnis, sebuah produk maupun acara. Ada banyak sekali aplikasi sederhana yang memungkinkan kamu untuk membuat poster yang indah dalam hitungan menit. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat poster digital.

Canva

Canva adalah sebuah aplikasi yang sangat cocok untuk desain poster dengan hasil yang menakjubkan. Untuk membuat poster dengan Canva, kamu bisa download di playstore atau cukup kunjungi situs web mereka dan pilih templat poster gratis yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Ada banyak sekali templat poster yang dapat dipilih untuk berbagai kebutuhan, termasuk poster penggalangan dana, poster konser, dan poster ritel. Jika Kamu tidak dapat menemukan templat poster gratis yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, Canva juga memiliki pilihan template poster berbayar. Setelah Kamu memilih template poster, Kamu dapat menarik dan melepas gambar kustom dan menyisipkan teks kustom. Dengan Canva, Kamu dapat memiliki poster kustom untuk bisnis Kamu dalam waktu singkat!

Piktochart

Aplikasi lain yang berguna untuk desain poster drag and drop adalah Piktochart. Seperti Canva, Piktochart memiliki template poster gratis dan berbayar. Piktochart memiliki fitur berharga seperti memungkinkan pengguna untuk mengubah seluruh skema warna poster (bukan hanya satu warna) hanya dengan satu klik. Piktochart juga menampilkan teks skala dinamis, sehingga teks poster Kamu tampak hebat bahkan saat Kamu menambah dan menghapus item media di poster Kamu. Kamu juga dapat membagikan poster kamu ke akun media sosial langsung dari aplikasi Piktochart.

Salah satu keunggulan utama poster digital dibandingkan poster statis tradisional adalah dapat menampilkan grafik gerak dan video. Kemampuan ini memungkinkan kamu mendesain poster dengan animasi. Dengan menambahkan animasi poster digital jauh lebih efektif dalam menarik perhatian pelanggan dari pada poster digital statis. Di bawah ini adalah beberapa alat hebat yang memudahkan pembuatan poster digital animasi.

Crello

Crello memiliki berbagai template poster animasi yang disediakan. Crello juga memiliki halaman yang akan membantu Kamu menuangkan ide kreativitas saat Kamu. Sama seperti Canva dan Piktochart, pengguna dapat menyesuaikan teks dan berbagai komponen visual di setiap template. Karena template poster Crello menyertakan animasi, lebih sedikit komponen template yang dapat Kamu sesuaikan dibandingkan dengan Canva dan Piktochart. Namun, kamu masih bisa sedikit menyesuaikan template ini. Setelah Kamu memiliki poster animasi yang tepat, Kamu dapat mengunduh poster sebagai file .mp4. Format ini adalah format file video yang kompatibel dengan sebagian besar media player.

Tyle

Kami juga bisa menggunakan aplikasi Tyle untuk membuat poster animasi. Setelah Kamu memilih dan menentukan desain poster yang kamu rasa cocok, Tyle memiliki antarmuka UI yang sangat baik bagi pengguna untuk mengedit poster mereka. Tyle juga menawarkan lebih dari 1,5 juta aset media gratis untuk dipilih saat kamu membuat poster digital animasi. Kamu juga dapat membagikan poster Tyle ke saluran media sosial.

Mulailah dari sekarang untuk menggunakan poster digital

Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif, tetap semangat dan berkarya untuk mengembangkan bisnis kamu.

Baca Juga :