Dengan sedikit cara sederhana kamu mampu menciptakan suasana desain interior di rumah menjadi lebih sehat.

Langkah yang terbaik adalah fokus pada hal yang paling penting. Jarang sekali kita sadar bahwa lingkungan dan kesehatan kita sangatlah penting. Dan sekarang, berbeda dengan zaman dulu, di mana dunia luar menimbulkan begitu banyak ancaman bagi kesehatan kita, rumah kita selayaknya haruslah menjadi tempat perlindungan yang penting bagi kesehatan. Maka desain interior rumah untuk kesehatan dan kebugaran bertujuan untuk menciptakan ruangan yang berdampak positif pada kesehatan fisik, emosional, mental, dan sosial.

Desain interior minimalis tentu saja tidak membutuhkan ruangan yang luas, kamu hanya perlu memikirkan tata letak barang-barang yang ada di rumah dan barang-barang yang sudah tidak lagi dipakai bisa kamu simpan di gudang penyimpanan. Dengan begitu ruangan yang indah dan sehat akan tercipta. Berikut adalah lima cara desain minimalis yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran untuk menciptakan suasana yang tenang dan menyenangkan di rumah.

Minimalkan Stres dengan Menciptakan Rumah Yang Rapih

Bukan rahasia lagi bahwa ruangan yang berantakan menyebabkan stres dan dapat membuat orang kurang bahagia di rumah mereka. Dan sekarang kita mencoba untuk hidup, bekerja, bermain, dan berolahraga di rumah kita, rumah yang berantakan dapat menghadirkan suasana yang mengganggu kesehatan dan membuat stres.

Dengan menghilangkan beberapa item yang menurut kamu kurang bermanfaat, dengan begitu kamu akan lebih fokus pada kegiatan yang lebih bermanfaat.

Minimalkan Kebisingan untuk Mendapat Kedamaian

Selain berantakan, kebisingan yang berlebihan juga bisa menjadi sumber stres dan kecemasan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) percaya bahwa paparan polusi suara dapat menyebabkan berbagai penyakit. Diantaranya penyakit jantung, gangguan kognitif, dan kurang tidur.

Baik itu berasal dari tetangga yang berisik, lalu lintas dan konstruksi, atau bahkan orang lain di rumah kamu, kebisingan bisa menjadi gangguan yang serius. Ada beberapa cara untuk meminimalkan kebisingan, untuk meminimalkan jumlah polusi suara di rumah kamu diantaranya, memperbarui jendela dan penutup jendela serta memilih bahan yang bisa meredam suara dapat membantu menmbuat rumah kamu menjadi lebih tenang dan damai.

Membatasi Penggunaan Warna untuk Menghasilkan Efek Ketenangan

Kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana warna dapat mempengaruhi suasana hati dan emosi kita. Meskipun preferensi warna seringkali bersifat pribadi, alangkah lebih baiknya kamu memilih warna netral untuk memberikan latar belakang yang tenang, dan memungkin pandangan menjadi lebih fokus pada barang-barang sederhana tapi terlihat indah di rumah kamu.

Usahakan Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan tidak hanya merupakan cara terbaik untuk memberi dampak nyaman di rumah, cahaya juga memainkan peran besar dalam kesehatan dan kebugaran. Cahaya alami membantu mengatur ritme sirkadian dan dapat mempengaruhi segalanya mulai dari suasana hati, tingkat energi, hingga pola tidur.
Desain rumah dengan tingkat pencahayaan alami di dalam ruangan, kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Namun jika rumah kamu tidak memungkinkan untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, kamu dapat memanfaatkan teknologi smart lighting untuk membantu menciptakan efek positif dari cahaya alami.

Demikianlah cara sederhana desain minimalis untuk menciptakan kesehatan di rumah kamu. Semoga bermanfaat.

Terjemahan: adm-interiors