Persiapan sebelum membuat poster

Berkaitan dengan bisnis, promosi merupakan faktor yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Promosi butuh media supaya pesan bisa tersampaikan.

Berbagai media promosi bisa dimanfaatkan, mulai dari media elektronik, surat kabar, dan juga poster. Di artikel ini, anda akan mendapatkan informasi secara detil tentang media promosi satu ini.

Setiap media promosi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam cakupan pemasaran. Untuk promosi wilayah Nasional bisa memanfaatkan media Televisi, sedangkan target Internasional website menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi target promosi untuk wilayah tertentu Media poster akan jauh lebih efektif.

Apa itu Poster?

Sederhananya poster merupakan media publikasi atau promosi yang tersusun dari teks atau gambar, atau perpaduan keduanya, dengan tujuan menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan didalam poster biasanya bernada persuasif, atau ajakan.

Tujuan Poster

Tujuan utama poster yaitu memberi dan menyampaikan informasi apapun. Bisa berupa ajakan, himbauan, pemberitahuan, bahkan rayuan promosi produk, tergantung konsep apa yang akan anda tuangkan dalam poster itu.

Untuk menarik perhatian public, poster harus dilengkapi dengan gambar menarik. Gunakan tulisan singkat dan jelas dengan komposisi desain poster sederhana.

Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat poster

Menentukan topik poster

Langkah paling awal dalam membuat poster ini adalah menentukan sebuah ide, mau dibuat seperti apa poster tersebut nantinya. Ide harus disesuaikan dengan konsep acara yang mau dibuat. Misalnya poster yang akan dibuat ditujukan untuk promosi kegiatan atau promosi sebuah produk.

Merumuskan pesan yang akan disampaikan

Pesan dalam sebuah poster tidak hanya bertujuan agar pembaca membeli produk atau memakai jasa iklan tetapi juga bisa berupa pesan moral. Contoh, buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan, supaya terhindar dari penyakit.

Menggunakan kalimat yang singkat, menarik dan jelas

Gunakanlah kalimat yang singkat, sederhana dan menarik agar dapat mudah dipahami dan informasi tersampaikan dengan baik.

Menggunakan kalimat bujukan

Sedangkan untuk jenis dari paragraf bujukan sendiri umumnya di sajikan semenarik mungkin dan meyakinkan pembaca.

Artinya poster harus informatif. Yang dalam hal ini pembuat poster akan dianggap sukses jika mampu mempengaruhi keyakinan dan menarik perhatian pembaca.

Umumnya supaya pembaca mengikuti keinginan penulis, maka kalimat bujukan juga harus diikuti dengan kalimat pendukung atau penjelas. Hal ini bertujuan agar pembaca merasa yakin.

Menggunakan gambar dan warna yang menarik

Gambar adalah salah satu cara untuk menyampaikan pesan yang paling menarik supaya poster akan mengundang perhatian, sehingga akan menarik minat untuk membaca bagi yang melihatnya.

Sekian artikel tentang Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat poster, semoga bermanfaat.

Baca juga :