20 MANFAAT GARAM BAGI TANAMAN

Umumnya garam lebih dikenal sebagai bumbu penyedap sekaligus bisa juga berfungsi sebagai pengawet makanan. Penggunaan garam juga dapat menjadi pengawet makanan alami dari kerusakan secara alami. Selain itu garam juga diperlukan oleh tubuh.

Namun tahukah anda bahwa ternyata garam juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Berikut manfaat garam bagi tanaman:

1. Menetralisir tanah alkali atau basa

Tanah yang baik untuk tanaman bisa dikatakan dengan kadar keasaman tanah yang netral, tidak terlalu asam ataupun basa. Meskipun setiap tumbuhan memiliki kebutuhan dan ketahanan terhadap pH tanah yang beragam. Tetapi Tanah alkali menyebabkan tanaman tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga mengganggu pertumbuhan. Tanah alkali seperti tanah parit atau tanah yang mengandung kotoran ternak belum dapat langsung digunakan, butuh beberapa minggu untuk proses pendinginan.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memberikan Iarutan garam pada tanah tersebut supaya tanah bisa langsung digunakan untuk bercocok tanam.

2. Menyediakan kebutuhan tanaman

Seperti yang diketahui garam mengandung unsur natrium klorida. Kedua unsur ini merupakan unsur mikro yang dibutuhkan oleh tanaman supaya dapat tumbuh dengan baik.

3. Menggantikan kebutuhan tanaman akan kalium

Salah satu unsur makro di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman adalah kalium. Kebutuhan kalium ini dapat dipenuhi dengan pemberian garam karena unsur natrium dan klorida diketahui dapat menggantikan unsur kalium di dalam tanah.

4. Menyuburkan tanah

Natrium dan klorida pada garam juga dapat meningkatkan mikro organisme seperti bakteri dan cacing di dalam tanah sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

5. Ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit

Manfaaat garam untuk tanaman yang tidak kalah pentingnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tanaman sehingga tidak mudah terserang hama. Dalam hal ini garam dapat membunuh atau menghilangkan jamur dan bakteri yang menyerang tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.


Baca Juga :


6. Sebagai penyubur tanah alami jangka panjang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa garam dapat membantu menyuburkan tanah secara alami sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Berbeda dengan pupuk buatan yang mengandung bahan bahan kimia yang kurang baik digunakan secara terus-rnenerus karena dikhawatirkan dapat merusak tanah dalam jangka panjang.

7. Mencegah tanah mengalami kekeringan atau dehidrasi

Musim kemarau menyebabkan volume dan kadar air dalam tanah berkurang yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Untuk mengatasi hal ini anda bisa memanfaatkan garam untuk membantu menjaga kandungan air dalam tanah sehinga tanah terhindar dari kekeringan.

8. Memperkuat daya tahan tumbuhan hijau

Selain garam bermanfaat bagi kesehatan manusia, juga dapat memperkuat daya tahan tumbuhan hijau. Unsur natrium dan klorida yang dimilikinya menjadikan tumbuhan hijau tidak mudah terserang hama.

9. Menyuburkan tanaman

Tumbuhnya daun yang lebat dan sehat dan menghasilkan buah yang baik menandakan kesuburan tanaman itu sendiri. Garam dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami bagi tanaman secara rutin sesuai dengan kadar yang dibutuhkan.

10. Memperkuat akar tanaman

Garam juga dapat menguatkan akar, akar berperan penting dalam kelangsungan pertumbuhan tanaman, karena akar yang kuat diperlukan oleh setiap tanaman sehingga ia bisa berdiri tegak dengan baik, menyimpan cadangan makanan, serta menyerap unsur hara yang diperlukan.

11. Memperkuat batang tanaman

Selain akar bagian tanaman lainnya yang juga mendapat manfaat dari garam adalah batang. Dengan pemberian garam dapat membantu memperkuat batang yang diperlukan untuk menyokong pertumbuhan tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dan berdiri tegak dengan baik.

12. Meningkatkan kualitas buah

Kandungan garam pada tanah ternyata dapat membuat rasa buah Iebih manis. Hal ini dibuktikan dengan hasil penanaman buah jeruk di daerah dekat pantai yang menghasilkan buah jeruk yang sehat dengan rasa yang Iebih manis.

13. Mencegah kerontokan bunga pada tanaman

Bunga yang rontok lebih cepat merupakan gejala yang dinilai kurang baik bagi tanaman. Hal ini juga dapat dicegah dengan penggunaan garam sebagai pupuk alami bagi tanaman.

14. Mencegah dan mengatasi kerontokan daun padan tanaman

Sebagai tempat pengolahan nutrisi daun berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Oleh karena itu penyakit yang menyerang daun harus segera diatasi. Salah satunya kerontokan daun. Dengan memanfaatkan garam kita dapat mencegah dan mengatasi kerontokan daun yang tidak normal yang disebabkan oleh hama dan penyakit.

15. Mengatasi pembusukan daun dan buah pada tanaman

Manfaat lain dari garam juga dapat mengatasi pembusukan daun dan buah pada tanaman.

16. Mencegah keriting daun

Daun tanaman yang keriting, kurus, menguning, dan akhirnya rontok. Hal ini tentu saja berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman bahkan hingga menyebabkan gagal panen. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan pemberian garam pada tanaman.

17. Mengatasi klorosis dan nekrosis

Klorosis merupakan gangguan atau kerusakan pada jaringan daun tanaman sehingga gagal membentuk klorofil yang mengakibatkan daun tidak berwarna hijau sebagaimana mestinya. Sementara nekrosis adalah kondisi dimana jaringan pada tanaman mengalami kematian sehingga menyebabkan daun menjadi rontok.

18. Mengusir hama

Untuk mengatasi serangan hama anda juga dapat memanfaatkan garam yang dapat mengusir hama secara alami.

19. Mengatasi berbagai penyakit tanaman

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman yang disebabkan oleh jamur, virus, bakteri, atau jenis mikro organisme Iainnya. Untuk mengatasinya anda dapat memanfaatkan garam yang selain ampuh juga alami sehingga tidak merusak lingkungan.

20. Membantu penyerapan unsur hara

Kandungan sodium klorida pada garam dapat membantu tanaman dalam menyerap dan mendekomposisi unsur hara dari dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

Itulah beberapa manfaat garam bagi tanaman sehingga dapat dijadikan sebagai pupuk alami. Hal ini tentu sangat bermanfaat, tidak hanya bagi tanaman namun juga kelestarian lingkungan karena penggunaan garam sebagai pupuk alami tidak akan merusak lingkungan sekalipun penggunaannya dalam jangka panjang.

 

No comments

Semua ada solusinya. Powered by Blogger.