Cara Menghubungkan HP ke TV Tabung

 Penulis : Fitra Akbar Laksono | Blogakbarlaksono


Cara menghubungkan hp ke tv tabung

Fitur screen mirroring kini sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Fitur tersebut dapat diaktifkan di Smart-TV. Tapi, apa sih screen mirroring?

Screen mirroring adalah fitur pada smartphone yang memungkinkan kamu untuk menampilkan apa yang terlihat pada layar smartphone kamu atau perangkat lain yang kompatibel ke TV tanpa menggunakan kabel.

Jadi, kamu bisa melihat apa yang ditampilkan HP kamu di TV, seperti streaming, bermain game, atau pun sekedar melihat chatan Whatsapp.

Fitur ini bisa kamu gunakan jika ingin melakukan nobar bersama teman-teman kamu.

Tapi, kebanyakan orang masih menggunakan TV tabung. Pertanyaannya apakah bisa mengaktifkan fitur screen mirroring?

Jawabannya, bisa.

Namun, kamu harus sedikit merogoh kocek agar bisa menikmati fitur screen mirroring.

Pastikan juga smartphone kamu telah mengizinkan mode cast. Kamu bisa memeriksanya dengan mendownload Miracast di Google Play Store kemudian tap 'Memilih'. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman transmisi.

Jika selalu muncul 'tidak ditemukan perangkat didekat', maka kemungkinan HP kamu tidak mendukung layanan cast.

Kamu bisa menyambungkan hp ke TV atau layar menggunakan kabel HDMI. Walau cara ini sudah kuno, namun masih banyak yang menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan seperti menampilkan presentasi.

Dibutuhkan juga kabel konverter yang mengkonversikan kabel HDMI ke MicroUSB/USB Type C. Wah, cukup ribet bukan? Kalau kamu lebih instan, bisa dengan menggunakan alat cast yang tersedia di e-Commerce.

Namun, mekanisme menyambung HP ke TV menggunakan alat cast yaitu dengan memanfaatkan jaringan nirkabel.

Jaringan nirkabel membutuhkan perangkat keras untuk menerima sinyal dari smartphone ke televisi. Salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi tersebut ialah Chromecast yang dikembangkan oleh Google sendiri.

Chromecast sudah banyak tersedia dimana-mana mulai dari toko elektronik konvesional hingga Toko online seperti, Shopee dan Tokopedia. Alat yang satu ini memiliki segudang manfaat yang bisa menunjang hiburan untuk kamu

Salah satunya ialah screen mirroring. Akan tetapi, chromecast tidak bisa digunakan secara langsung di TV tabung. Maka itu, kita membutuhkan alat-alat lain untuk mengkonversikan alat cast sehingga bisa masuk ke rute TV tabung.

Berikut beberapa alat yang dibutuhkan untuk menyambungkan HP ke Tv tabung.


Cara Menghubungkan HP ke TV Tabung

  • HP Android minimal versi Lolipop
  • HDMI Dongle Anycast WIFI Display
  • Kabel RCA
  • HDMI Converter
 
Kamu bisa menemukan alat-alat tersebut di toko online dengan sangat mudah. Sebaiknya hati-hati dalam membeli produk tersebut, karena banyak sekali beredar barang palsu dengan kualitas yang sangat buruk bahkan tidak bisa dipakai sama sekali.

Nah, berikut adalah cara menyambungkan HP ke TV tabung dengan sangat mudah.

Kamu harus benar-benar memperhatikan setiap kabel yang terpasang ke tv. Terutama kabel RCA, pastikan untuk memasang kabel sesuai dengan warnyanya untuk menghindari korsleting.
 
  1. Matikan TV
  2. Colokkan kabel RCA sesuai warna ke TV
  3. Sambungkan juga kabel RCA ke HDMI Converter
  4. Setelah itu, pasang Dongle WIFI ke HDMI Converter dan nyalakan
  5. Siapkan socket untuk menyambungkan adaptor dari kedua alat diatas, adaptor biasanya sudah tersedia ketika kamu membeli kedua alat tersebut.
  6. Nyalakan TV dan masuklah ke mode AV dengan menekan tombol TV AV di remote.
  7. Install 'miracast - WIFI Display' di Google Play Store pada Smartphone yang akan dihubungkan.
  8. Buka aplikasinya, kemudian tap 'connect'
  9. Kemudian akan muncul nomor seri Anycast dari Dongle yang disambungkan dengan HDMI Converter.
  10. Tunggu hingga muncul tampilan HP kamu di layar televisi.
 
Nah, sangat mudah bukan? Cara ini juga berlaku bagi kamu yang ingin memasang TV Parabola dan STB.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu STB? STB (set-top-box) adalah alat yang bisa mengkonversi atau mengubah fungsi dari TV Konvensional menjadi Smart-TV.

Sehingga pengguna TV tabung dan TV LED Konvensional. Bisa menikmati saluran internasional seperti pada TV digital. STB bekerja dengan cara mengubah sinyal pada TV analog menjadi sinyal digital sehingga TV Analog bisa menyiarkan sinyal digital.

STB biasanya dihadirkan oleh penyedia WIFI seperti Indihome, Firstmedia, dan sebagainya. Mereka akan memasang tarif tambahan untuk berlangganan TV digital bagi para konsumen.

Nah, jika perangkat dongle tidak ditemukan saat Miracast melakukan scanning. Kemungkinan ada masalah pada Dongle yang kamu beli.

Mengingat harga Dongle Anycast sangat murah dibanding produk miracast dongle lainnya, akhirnya banyak oknum-oknum yang memalsukan Dongle Anycast dan membanderolnya dengan harga dibawah batas kewajaran.

Jadi, kamu wajib pandai-pandai dalam memilih produk Dongle Anycast.

Dulunya, Dongle Anycast memiliki Ezcast. Alat ini berfungsi untuk melakukan screen mirroring dari suatu perangkat ke perangkat lain. Contohnya dari HP ke TV,

Dengan didukung Resolusi 1080p. Resolusi pada Dongle Anycast bisa diatur sesuai kebutuhan. Produk ini juga sudah menggunakan Rockchip rk2928 single core Cortex A9 1.2 GHz, dan dibekali 256MB Ram.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan untukmu menggunakan Dongle HDMI Anycast untuk menyambungkan HP ke TV terutama TV tabung.
 

Penutup

Menyambungkan HP ke TV atau Screen Mirroring sangatlah mudah jika kamu sudah memiliki alat-alat yang bisa digunakan untuk melakukan screen mirroring.

Usahakan untuk mengikuti prosedur dengan benar agar proses mirroring berhasil. Jika terjadi kesalahan dalam memasukkan kabel RCA, akan beresiko terjadi korsleting pada listrik rumah kamu.

Selamat mencoba!
 

No comments

Semua ada solusinya. Powered by Blogger.