3 Cara Paling Simpel Mematikan Visual Effect di Windows 10

Penulis : Fitra Akbar Laksono | Blog :  akbarlaksono

Visual Effect

Visual effect ataupun efek visual merupakan salah satu penyebab PC kamu menjadi lemot dan performanya menurun. Apalagi jika GPU yang digunakan pada komputer atau laptop kamu tidak memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan sistem.

Akhirnya hanya akan memberatkan kinerja PC kamu. Memang, visual efek akan membuat tampilan windows kamu jadi lebih menarik. Visual efek akan memberikan efek animasi yang bervariasi di Windows. Tapi, apa gunanya efek animasi keren tapi bikin laptop kamu nge-lag.

Maka dari itu, kamu harus mematikan visual effect supaya perfoma kinerja laptop atau komputer kamu meningkat. Berikut adalah beberapa cara mematikan efek visual di Windows 10 dengan mudah.

Cara Mematikan visual effect di Windows 10

1. Menggunakan CPanel

Yang pertama, kamu bisa menggunakan bantuan Control Panel untuk mematikan efek visual. Setelah itu, kamu bisa menemukan panel yang bernama Adjust For Best Performance. Jika kamu belum paham, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1
Pada halaman utama Windows, kamu bisa mengetikkan performance, lalu klik pada hasil pencarian dengan nama Adjust the appearance and performance of Windows


Langkah 2
Setelah itu, anda akan dialihkan ke dalam pengaturan performa

Langkah 3
Pilih Adjust For Best Performance, lalu klik OK atau Apply


Maka secara otomatis semua centang akan dihapus pada pilihan animasi. Nah, gampang banget kan? Selain itu, ada cara lain untuk mematikan visual efek yang mungkin lebih efektif.

2. Menggunakan Setting

Cara selanjutnya, kamu bisa menonaktifkan visual efek di pengaturan Windows. Kamu hanya perlu membuka Setting di Windows, lalu pergi ke Ease of access > other. Kemudian switch tombol on menjadi off untuk mematikannya.
Jika belum jelas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1
Klik logo windows kemudian klik logo gear yang berarti pengaturan. Terletak di pojok kiri bawah di atas tombol daya.

Langkah 2
Pada panel pengaturan, klik pilihan ‘Ease of Access’ lalu klik ‘Other Options’.


Langkah 3
Kamu tinggal switch tombol on ke off yang berada di bawah keterangan play animation in Windows.


Dengan itu, special effect pada Windows 10 akan mati sehingga tidak memberatkan kinerja laptop kamu.

3. Menggunakan Run

Cara yang terakhir memang mirip-mirip dengan cara pertama. Perbedaannya terdapat pada cara masuknya saja. Jika kamu sering menggunakan tools run, bisa menggunakan cara ini. Namun, tentunya lebih ribet daripada cara pertama.

Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa mengikuti prosedur di bawah ini, supaya visual efek di PC kamu bisa dimatikan secara maksimal.

Langkah 1
Masuk ke Pencarian Windows yang terletak di sebelah logo Windows.

Langkah 2
Ketik run, lalu klik hasil pencarian teratas. Atau kamu juga bisa masuk ke run hanya dengan menekan tombol Win + R



Langkah 3
Ketikkan atau copy paste tulisan SystemPropertiesAdvanced pada form Open. Lalu klik OK.


Langkah 5
Kamu akan dialihkan ke halaman System Properties. Untuk mematikan visual efek, pilih menu Advanced kemudian klik Settings

Langkah 6
Kamu tinggal klik pilihan Adjust for best performance.


Ada beberapa pilihan berdasarkan fungsi yaitu:
  • Let Windows choose what’s best for my computer, yaitu Sistem akan merkomendasikan visual efek yang sesuai dan cocok dengan Windows kamu.
  • Adjust for best appearance, yaitu dimana Windows akan memberikan visual efek terbaik dan halus. Gunakan ini jika anda menggunakan PC dengan spesifikasi tingkat tinggi.
  • Adjust for best performance, Sistem akan mematikan seluruh visual efek jika kamu mengeklik pilihan ini. Ini sangat cocok untuk kamu yang menggunakan PC hanya sekedar untuk mengerjakan tugas sekolah dengan spesifikasi yang rendah.
  • Custom, yaitu kamu bebas menentukan visual efek mana yang akan kamu matikan dan hidupkan. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.
Pilihlah Adjust for best performance untuk mematikan visual efek di Windows 10.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara mematikan effect visual di Windows 10. Sangat mudah kan? Aturlah visual efek sesuai dengan keperluan kamu.

Jika kamu sering menggunakan PC untuk bermain game, bisa memilih adjust for best appearance supaya kualitas grafik yang diberikan pada game bagus.

Namun, apabila kamu menggunakan laptop atau komputer kamu hanya untuk buka browser atau menulis di Microsoft Word, silahkan pilih Adjust Best Performance atau kamu bisa custom pengaturan performa jika mengerti.
 

2 comments:

Semua ada solusinya. Powered by Blogger.