Waktu tidur yang cukup


Pentingnya mendapatkan waktu tidur yang cukup dampaknya sangat besar bagi tubuh anda. Kurangnya waktu tidur kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya menjadi lebih besar. Kebiasaan begadang entah itu bermain gadget, menonton TV atau sekedar hanya mengobrol bersama teman hingga larut malam bahkan sampai tidak tidur akan membuat tubuh anda lemas keesokan harinya, menurunkan konsentrasi dan emosi yang tidak stabil. Tentunya berpengaruh juga pada kinerja anda dan akan menimbulkan masalah lainnya.

Membiasakan mencuci tangan dengan sabun


Mencuci tangan adalah salah satu cara pencegahan penyebaran dan penularan penyakit. Usahakan selalu membiasakan mencuci tangan sebelum makan, setelah bersin atau setelah menyentuh benda disekitar kita, dengan begitu anda sudah satu langkah berupaya mencegah penularan berbagai penyakit atau virus agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda


Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi satu atau dua minuman ringan per hari memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 26% lebih tinggi. Selain itu, mengkonsumsi minuman manis berlebihan juga dikaitkan dengan serangan jantung, obesitas, dan asam urat. Untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan, membatasi konsumsi minuman ringan menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

Batasi mengkonsumsi junk food


Rasa junk food yang lezat dapat menyebabkan ketergantungan. Padahal, makanan tersebut biasanya rendah serat, protein, dan berbagai nutrisi lain. Rendahnya zat gizi itulah yang membuat tubuh merasa selalu lapar dan ingin mengonsumsi lebih banyak lagi. Junk food juga kaya akan bahan yang tidak sehat, seperti gula tambahan, lemak jenuh, dan hanya menyediakan sebagian besar kalori kosong. Oleh sebab itu, penting untuk mengurangi bahkan menghindarinya.

Jangan stress


Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Dalam mengelola stres, cobalah berolahraga rutin, latihan pernapasan, meditasi, atau berkumpul bersama teman-teman. Jika stres yang dirasakan tak juga berkurang atau semakin memburuk, sebaiknya segera meminta bantuan psikolog.

Hindari rokok dan minuman beralkohol



Kebiasaan buruk lainnya yang harus dihindari adalah merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Merokok bukan hanya merusak paru-paru, namun juga dapat merusak berbagai organ tubuh lainnya. Bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama bahkan bisa lebih buruk. Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit hati. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Melindungi kulit


Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit terbakar, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pastikan melindungi kulit dari paparan sinar UV langsung dengan mengenakan pakaian berlengan panjang, menggunakan cream UV yang dapat mengurangi efek langsung dari sinar matahari terhadap kulit dan kenakan topi ketika berada di luar ruangan.