Cara Sederhana Berkebun di Rumah

Memulai berkebun di rumah dapat dilakukan dirumah dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Berkebun merupakan kegiatan produktif yang dapat menunjang kebutuhan pangan keluarga. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, berkebun juga dipercaya mampu menghilangkan stres.

Pemanfaatan lahan untuk berkebun

Berikut cara mudah berkebun di rumah:

Pilihlah tanaman yang anda sukai

Menanam terong ungu di rumah

Mulailah dari jenis tanaman yang anda sukai, karena jika anda menyukai tanaman tersebut maka perawatannya pun akan lebih maksimal karena anda memang menyukainya. Contohnya seperti buah kesukaan anda, sayuran yang disukai keluarga anda, atau bahkan bunga yang cantik. Kami menyarankan tanaman yang mudah ditanam dan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti menanam cabai, tomat, bayam dan jenis sayuran lainnya.

Setelah anda menentukan jenis tanaman apa yang ingin anda tanam, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit. Bibit dapat anda peroleh dengan mudah di toko-toko bibit di daerah anda atau bisa memesannya melalui online. Bahkan anda dapat memanfaatkan sisa-sisa sayuran dari dapur, seperti biji cabai yang dapat kita tanam dari pada dibuang, atau sisa potongan bawang daun yang juga bisa ditanam kembali yang masih ada akarnya.

Baca Juga :

Cahaya matahari yang cukup

urbanhidropinik.com

Supaya pertumbuhan tanaman menjadi subur memang diperlukan pemilihan tempat yang cocok dan dengan pencahayaan yang bagus. Maka pilihlah area yang memiliki pencahayaan yang cukup. Usahakan tanaman terkena sinar matahari pagi.

Mempersiapkan media tanam

Media tanam tanah untuk berkebun

Untuk bercocok tanam diperlukan media tanam. Banyak pilihan yang dapat anda gunakan sebagai media tanam, salah satunya tanah, beberapa jenis sayuran mampu juga tumbuh hanya menggunakan media air (Hidroponik).

Gunakanlah tanah gembur dan bernutrisi tinggi supaya proses pertumbuhannya baik dan tanaman tumbuh subur.

Instalasi area sempit

ikitobisnis.com

Pada area yang sempit anda dapat menggunakan cara instalasi media vertikal, dengan cara menanam dari bawah ke atas, bisa diterapkan pada tembok atau pagar dengan menggunakan pipa paralon atau menggunakan botol minuman bekas yang sudah dimodifikasi menyerupai pot dan dihias sedikit menggunakan cat agar tampak lebih cantik. Cara ini cocok anda gunakan jika memiliki area yang sempit atau tidak memiliki pekarangan atau kebun.

Anda juga bisa membuat media hidroponik, hidroponik ini hanya menggunakan air, bisa dengan cara tetes dari atas kebawah atau bisa juga membuat media khusus dari pipa paralon untuk hidroponik.

Pupuk Kompos

berkeluarga.id

Pupuk kompos dapat anda beli di toko pupuk atau bisa juga anda buat sendiri dari sisa sampah organik rumah tangga. Karena tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup banyak, maka tambahkan lah pupuk kompos.

Baca JugaCara membuat pupuk kompos dari sampah sisa dapur

Setelah melakukan penanaman, maka langkah selanjutnya adalah merawatnya dengan cara menyiram setiap hari dan memastikan tidak terserang hama.

Kesabaran tinggi memang diperlukan dalam bercocok tanam atau berkebun, persiapkan diri anda, jika anda rajin dan tekun menjalaninya maka hasil dari berkebun bisa menunjang kelangsungan kebutuhan pangan sehari-hari.

Terima kasih, Mohon maaf apabila ada salah kata. Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

No comments

Semua ada solusinya. Powered by Blogger.