Sukadibaca.com - Akhir-akhir ini sepeda semakin banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak yang memanfaatkan momen santai dengan bersepeda.

Selain menjaga kesehatan badan supaya tetap bugar, ternyata bersepeda juga mampu menjadi aktivitas baru untuk hanya sekedar bersantai bersama keluarga, teman, bahkan tidak sedikit pula yang rela mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk memenuhi hasrat hobi terhadap sepeda itu sendiri, ada kepuasan tersendiri ketika tongkrongan sepeda yang dimiliki bagus, bersih dan sesuai dengan keinginan, semua mata pasti tertuju ke sepeda anda tentunya.

Eits, tapi jangan sekedar digunakan atau hanya sebagai koleksi semata, anda juga harus tahu cara perawatannya.

Perawatan sepeda harus ekstra hati-hati, salah sedikit saja akan membuat anda berkunang-kunang, apalagi jika sepeda yang anda miliki harganya selangit.

Saya akan coba jelaskan beberapa tips mudah merawat sepeda agar tetap awet.


1. Cuci setelah terkena air hujan


Apabila sepeda anda sudah terkena air hujan segera lah cuci sebelum disimpan, karena jika dibiarkan siap-siap saja sepeda akan cepat karatan.

Cara mencucinya, semprot dengan tekanan air rendah ke celah-celah sepeda yang memungkinkan kotoran mengendap, setelah dirasa bersih lalu cuci menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda, gunakan spons yang halus.


Catatan : "Jangan sekali-kali mengelap sepeda dalam keadaan sebelum di semprot dengan air, karena debu, pasir atau kotoran yang di lap akan menggores sepeda anda"

2. Rutin membersihkan rantai dan gear


Rantai dan gear adalah bagian yang sangat penting, tanpa rantai dan gear sepeda tidak akan bisa digunakan, maka dari itu rantai memerlukan perawatan ekstra supaya laju sepeda berjalan mulus, salah satu cara perawatannya adalah memberi pelumas khusus secara rutin.


3. Periksa setelan gigi dan rantai


Sedikit saja kurang teliti pada setelan gigi akibatnya akan fatal juga, selain merusak setelan gigi itu sendiri maka akan merusak rantai dan gear juga, maka rutin lah memeriksa setelan gigi dan rantai terlebih dahulu setiap sebelum digunakan.


4. Cek kondisi rem


Kanvas rem yang aus dapat merusak piringan cakram rem yang lama kelamaan cakram akan tergores dan terkikis sangat dalam dan cepat habis dan akan merusak dudukan kanvasnya juga.

Maka dari itu rutin lah mengecek kondisi rem dan mengganti kanvas secara berkala.


5. Jangan biarkan ban kempes


Tips selanjutnya adalah jangan sampai ban sepeda kempes atau terlalu keras, buatlah ban dengan volume angin yang pas, karena jika ban terlalu kempes akan membuat ban mudah tertusuk sesuatu sepertu paku, dan juga lama kelamaan akan membuat cengkraman ban terhadap velg akan kendor seiring berjalannya waktu akibat kurangnya volume angin.

Begitu pula sebaliknya, apabila ban terlalu keras akan membuat ban cepat meletus karena memuainya ban akibat panas dari aspal selama sepeda digunakan.


Catatan : "Tips supaya ban sepeda tidak cepat kempes, hindari kontak langsung ban dengan lantai, berilah penghalang antara ban dengan lantai, bisa menggunakan kain tebal, kardus bekas, ataupun sterofoam"


Itulah beberapa Tips Mudah Merawat Sepeda Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat.