Menikmati Film Perjuangan dalam Rangka Merayakan Peringatan Hari Proklamasi Indonesia.

Daftar film berikut ini kiranya dapat menjadi suatu cara yang baik untuk dinikmati bersama segenap keluarga tercinta, sekaligus juga dapat menjadi bahan pendidikan bagi pengembangan rasa cinta Ibu Pertiwi dan arti bela bangsa & negara.

Selamat Menikmati Film perjuangan - Dirgahayu Indonesia.

PEJOEANG


Film Dokumenter Sejarah Indonesia Mari kenalkan kepada anak cucu kita bagaimana para Pejuang Bangsa Indonesai mengibarkan Bendera "Sang Saka Merah Putih", untuk menanamkan rasa menjaga keutuhan kemerdekaan yang sejati.

Enam Jam di Jogja

Setelah Yogyakarta diduduki Belanda (Desember 1948), pasukan Republik Indonesia melakukan perang gerilya. Pada suatu ketika Yogya diserbu dan bisa diduduki, walau cuma selama enam jam. "Serangan Oemoem" pada 1 Maret 1949 itu sekadar menunjukkan kepada dunia internasional, bahwa RI masih punya kekuatan, dan tidak (belum) hancur seperti dipropagandakan Belanda. Film ini dengan sadar melukiskan peristiwa nyata terkenal dalam sejarah revolusi Indonesia itu dengan cara fiktif, karena merasa dokumen-dokumen yang ada masih belum lengkap dan takut menyinggung berbagai pihak. Yang dilukiskan adalah kerja sama antara rakyat, tentara dan pemerintah. Meski fiktif, tetapi fakta nyata menjadi acuannya. Dan kisah disuguhkan lebih dari sisi rakyat atau tentara yang berpangkat rendah. Tekanan Belanda membuat rakyat menderita dan berbagi sikap. Ada yang mendukung perjuangan tentara, ada yang menggerutu. Tentara yang memeras rakyat pun sekilas dilukiskan. Kesulitannya adalah menyatu padukan sikap, gerakan dan menegakkan disiplin semua anggota gerakan. Ada juga terselip kisah cinta. Tidak ada tokoh yang menonjol dalam kisah, karena begitu banyak pihak yang diceritakan sedikit-sedikit, karena yang jadi tujuan memang pelukisan peristiwa itu secara global.

Janur Kuning
Sebuah Film tentang Serangan Umum 1 Maret 1949
Film ini dibuat untuk mengenang mereka yang telah tiada...
Untuk Memperjuangkan mereka yang masih ada... Untuk memberitahu mereka yang ingin tahu.... Tentang sekelumit revolusi Indonesia. Sutradara: Alam Rengga Surawijaya Starring: Kaharuddinsyah, Deddy Sutomo, Dicky Zulkarnnaen

Serangan Fajar

Serangan Fajar (dirilis secara internasional sebagai Attack at Dawn) adalah film perang tahun 1982 yang disutradarai oleh Arifin C. Noer dan diproduksi oleh G. Dwipayana. Menceritakan kehidupan beberapa orang pada masa Revolusi Nasional Indonesia, film ini menggunakan gambar wayang untuk menunjukkan kepahlawanan. Film yang sangat terkenal itu dibaca sebagai penekanan pada peran Presiden Soeharto dalam revolusi, khususnya Serangan Umum 1 Maret.

Pasukan Berani mati


Jendral Sudirman

Film documenter indonesia tentang perlawanan rakyat terhadap belanda dengan dilakukannya perang gerilya untuk merepotkan belanda.

Kereta Api Terakhir


Perawan Di Sektor Selatan

Film berdurasi 137 menit yang disutradarai oleh Alam Surawidjaya ini mengangkat sisi lain dari perang kemerdekaan Indonesia. Secara keseluruhan, Pahlawan di Sektor Selatan seperti reportase. Laura menjadi focal point cerita film itu karena sakit hati dengan perlakuan gerilyawan republik hingga ibunya meninggal.

Tapal Batas Jendral Sudirman


Merdeka atau Mati Surabaya 1945

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Cut Nyak Dien


Sang Pencerah

Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Muhammad Ihsan Tarore sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Ketika Bung Karno di Ende


Sang Kyai


Kartini Film Baru


Kartini (1982)


Senja Merah di Magelang


Merah Putih 3 (Full) Hati Merdeka


Darah Garuda

Alhamdulillah berkat perjuangan para pahlawan yang terus berjuang demi sebuah kata KEMERDEKAAN

Akhirnya kita menikmati semua hasil perjuangan dari para pahlawan kita Cintai negri kita Hargai negri kita Bangun negri kita menjadi negri yang lebih baik lagi

Perjuangan Gerilya

Film Perjuangan Agresi Militer ke II Belanda merupakan film perjuangan bangsa indonesia dalam menggempur sekutu untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia.

Diponegoro

Film tersebut bercerita tentang sekelompok warga desa di Jawa yang memberontak terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda. Film ini bertema kesetiaan dan pengkhianatan. Kisah November 1828 bermula ketika Kapten van der Borst bersama pasukannya berusaha menggali informasi tentang lokasi persembunyian Sentot Prawirodirdjo, tangan kanan Pangeran Diponegoro. 

Jayengwirono, seorang pekerja yang gila, memberi tahu kami bahwa Kromoludiro-lah yang mengetahui informasi itu. Kromoludiro ditangkap, ditawan di rumahnya sendiri, dan dengan berbagai upaya dipaksa buka mulut.

Nah itulah beberapa film dokumenter perjuangan kemerdekaan Indonesia.