antarafoto.com

Sukadibaca.com, Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 yang biasa dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, masyarakat harus bergulat melawan pandemi COVID-19. Lomba Agustusan di masa pandemi ini pun menjadi hal yang sangat sulit dilakukan mengingat protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Tapi, bukan berarti kemeriahan HUT RI ke-75 tahum ini harus berakhir sepi. Anda bisa kok tetap melaksanakan kegiatan Iomba. ada beberapa cara alternatif tanpa harus berkerumun dan bisa dilakukan jarak jauh dan tentunya sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dengan cara ini lah kegiatan 17 Agustus tetap bisa dilaksanakan dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Berikut ini beberapa lomba Agustusan yang dapat dilaksanakan di tengah masa pandemi Covid-19.


1. Membuat Video Cuci Tangan

covid19.go.id

Jika sebelumnya masyarakat berlomba memasukan pensil dalam botol, kelereng, makan kerupuk, sepak bola, balap karung hingga lomba memasak nasi liwet. Di tengah pandemi ini, Iomba mencuci tangan yang baik dan benar sesuai protokol kesehatan covid-19 bisa jadi salah satu alternatif yang dapat dilaksanakan, tentunya menjadi sorotan positif dan contoh juga untuk masyarakat di kampung lain.

Mintalah peserta untuk memperagakan Cuci tangan yang baik dan sesuai protokol kesehatan dalam bentuk video Ialu mengunggahnya ke sosial media seperti whatsapp dengan menggunakan hastag agar peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut Iebih mudah didata dan dilacak.


2. Membuat dan Menghias Masker

inibaru.id

Masker menjadi salah satu peralatan protokol kesehatan yang wajib dikenakan selama pandemi Covid-19. Menghias dan membuat masker menjadi salah satu perlombaan yang bermanfaat dan kreati. Lalu mintalah peserta untuk mengirimkan foto ke grup whatsapp.

Selain itu, masker yang sudah dibuat dan dihias sedemikian rupa mungkin saja bisa dijual dengan dibantu oleh panitia, hasil dari penjualan tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat juga nantinya.


3. Lomba Menulis

gramedia.com

Lomba menulis akan sangat bermanfaat untuk mengajarkan masyarakat menuangkan hasil karyanya.

Tentukan saja tema yang selaras dengan masa pandemi covid-19 ini. Lalu meminta seluruh peserta untuk mengirimkan hasil karyanya di grup whatsapp yang sudah disediakan oleh panitia.

Lomba menulis tak hanya sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia saja, namun juga memberikan manfaat yang banyak untuk semua kalangan.


Sumber : Suara.com