3 Menu Sahur Yang Cocok Saat Pandemi Covid-19

Menu sahur bergizi
Gambar: tirto.id


Ramadan tahun ini terasa berbeda karena dilaksanakan di tengah Suasana pandemi virus Corona atau Covid-19.

Maka dari itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih menu makanan sahur karena tubuh harus menghadapi dua tantangan dari puasa Ramadan dan ancaman Covid-19.


Agar tetap sehat ketika berpuasa selama pandemi Covid-19, tubuh membutuhkan makanan bergizi dan mampu menjaga sistem imun tubuh.

1. Buah-buahan dan sayuran


Buah-buahan yang paling baik dimakan saat sahur adalah buah yang berserat dan bernutrisi tinggi.

Kandungan serat tinggi dibutuhkan agar perut tak mudah lapar, dan nutrisi tinggi penting untuk menjaga kondisi tubuh di tengah pandemi Covid-19 ini.

Apel, mangga, dan jambu adalah buah-buahan dengan kandungan serat yang baik untuk perut. Buah bernutrisi tinggi termasuk nanas, semangka, stroberi, dan anggur.


Kandungan nutrisi dan serat dari buah-buahan di atas dapat dikombinasikan dengan membuat menu seperti jus dan semacamnya yang sehat dan menyegarkan atau dimakan langsung saat sahur.

Kurma yang menjadi populer dalam bulan Ramadan juga tidak kalah penting dan memiliki kandungan gula yang dapat menambah energi, serat yang baik untuk pencernaan, dan berbagai nutrisi seperti magnesium, mangan, serta vitamin B5 dan B6.

Selain buah-buahan, bahan makanan yang kaya akan serat dan nutrisi juga adalah sayuran.

Sayuran dapat diolah menjadi berbagai menu seperti sup, capcay, sayur asem, dan berbagai olahan lainnya.

Selain memenuhi kandungan serat dan gizi, olahan sayur juga biasanya disertai kuah yang dapat memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

2. Nasi, Gandum, atau Oat


Nasi, gandum, dan oat adalah makanan pokok yang mengandung serat serta karbohidrat tinggi yang dapat menjaga perut tetap kenyang ketika puasa Ramadan.

Jika ingin makan nasi, pilihlah nasi merah yang memiliki serat lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih.


Gandum dapat ditemukan pada roti atau sereal gandum yang tentunya dapat dikombinasikan dengan susu atau yogurt agar memenuni kebutuhan gizi dan air dalam tubuh.

Oat dapat dibuat menjadi bubur oat dan dapat dicampur dengan buah- buahan agar rasanya lebih beragam dan lebih menyehatkan.

3. Daging Rendah Lemak


Daging yang paling baik untuk dimakan saat berpuasa adalah daging rendah lemak seperti ikan atau daging ayam tanpa kulit. Seperti namanya, daging rendah lemak memiliki kandungan lemak yang sedikit namun kandungan proteinnya yang cukup baik untuk tubuh.

Selain itu, daging pun akan membantu membangun dan meningkatkan sistem imun tubuh yang sangat dibutuhkan untuk membentengi diri dari virus Corona salah satunya.

Ikan laut juga memiliki kandungan nutrisi esensial untuk membangun pertahanan diri dari Covid-19 salah satunya.


 

No comments

Semua ada solusinya. Powered by Blogger.