Trik microsoft word


Sukadibaca - Setelah sebelumnya merilis artikel tentang 10 Trik Microsoft Word yang sangat berguna buat Ngerjain Skripsi , kali ini akan kembali mengulas tips dan trik lain guna menunjang produktivitas kamu menggunakan MS Word. Trik-trik ini merupakan ‘shortcut’ yang dapat di manfaatkan untuk melakukan pengoperasian lebih cepat pada Microsoft Word. Tentu saja akan dapat membantu meningkatkan produktivitas kamu untuk melakukan pengetikan.

PERHATIAN! Kali ini Versi MS-Word yang digunakan adalah MS-Word 2013. Akan lebih baik jika kamu mencoba trik ini sambil membuka MS-Word 2013 tersebut untuk ‘mengamalkan’ secara langsung, karena menurut pengalaman, hanya membaca saja akan membuat kamu bingung tentang apa yang dimaksudkan.

Mengubah ke Plain Text


Dalam banyak skenario, ada kemungkinan kamu perlu memindahkan satu kalimat atau paragraph dari dokumen lain ke dokumen yang sedang kamu kerjakan, misalnya kamu ingin menyalin dari bahan pustaka tertentu, maka kamu akan mengalami situasi di mana font pada paragraf yang kamu pindahkan tersebut masih mengikuti font sebelumnya yang berbeda dari jenis font yang kamu gunakan.

Jika font yang kamu gunakan adalah teks standar dari MS Word seperti misalnya Times New Roman 12 atau Calibri 11, maka kamu cukup blok teks lalu menekan kornbinasi tombol CTRL+SPACE BAR. Secara otomatis teks yang tadi kamu blok akan berubah menjadi font standar atau plain text yang kamu gunakan.

Memindahkan Teks Tanpa menggunakan Cut-Paste


Cara paling mudah untuk memindahkan sebuah teks adalah dengan blok sebuah teks, kemudian melakukan fungsi cut (CTRL+X) kemudian dilanjutkan dengan paste (CTRL+V). Ini akan memindahkan teks yang diinginkan ke tempat lain. Akan tetapi, ada cara lain untuk melakukannya. Pertarna, kamu perlu blok teks yang ingin dipindahkan, kemudian meletakan kursor ke tempat yang kamu inginkan, dan tekan ENTER. Teks akan langsung berpindah ke tempat yang baru.

Namun ini semua tergantung kebiasaan. Tidak masalah jika kamu menggunakan fungsi CTRL+X dan dilanjutkan dengan CTRL+V seperti pada umumnya.

Baca Juga :

Memasukan karakter khusus


Jadi kita dapat memasukkan simbol khusus dengan menahan tombol ALT, lalu mengetikkan kode simbol menggunakan tombol Numerik di bagian kanan. Memang sekilas ribet, tapi jika kamu sering menggunakannya, otomatis kamu akan hafal simbol-simbol ini.

Menambahkan Placeholder Text


Jika kamu perlu untuk menghasilkan sebuah paragraf dummy random dengan ekstra cepat, kamu dapat menggunakan Lorem Ipsum Generator yang sebenarnya merupakan fitur tersembunyi dari Microsoft Word. Di tempat mana saja kamu ingin membuat paragraf, kamu tinggal ketikkan =rand(p,b). Simbol p adalah mewakili jumlah paragraf yang ingin kamu buat, sedangkan b adalah jumlah baris dalam setiap paragraf. Contoh, mengetikkan =rand(3,5) maka akan menghasilkan 3 paragraf dummy dengan 6 baris untuk setiap paragrafnya.

Biasanya paragraf palsu dengan bahasa pseudo-latin ini dimanfaatkan untuk membuat proyek Web desain, yaitu untuk tes layout paragraf dalam sebuah web.

Kalkulator Tersembunyi


Microsoft Word memiliki fungsi kalkulator tersembunyi yang dapat menangani operasi aritmatika sederhana yang kamu ketik di MS Word. Ingat, hanya operasi sederhana. Maka kamu akan kecewa jika menggunakannya untuk perhitungan sinus cosinus yang cukup rumit.

Cara menggunakan kalkulator ini adalah dengan mengakses Word Options > Quick Access Toolbar. Lalu pilih All Commands dan kemudian cari fungsi Calculate dari tabel yang ditampilkan. Setelah itu tambahkan fungsi tersebut ke Quick Access Toolbar dengan menekan OK.

Cara menggunaknnya, kamu cukup mengetikkan operasi aritmatika sederhana di MS-Word, kemudian blok operasi bilangan tersebut kemudian tekan ikon Calculate di Quick Access Toolbar milik kamu. Maka hasilnya akan muncul di sudut kiri bawah (status bar).

Semoga beberapa fitur tersembunyi Microsoft Word ini dapat membantu kamu untuk lebih produktif dalam memanfaatkan software andalan Microsoft ini. Punya masukan atau saran lain atau shortcut yang menurut kamu jarang diketahui? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Sumber : WinPoin
 

Post a Comment

0 Comments