Trik microsoft word


sukadibaca.com - Siapa yang gak kenal dengan yang namanya Microsoft Word? Program ini selalu setia menemani anak kuliahan sampai tiba waktunya skripsi. Tapi, gak semua orang tahu kalau Ms Word punya cara untuk mempercepat skripsi kita loh. Apa ya? simak baik-baik



1. “Find and Replace” beserta format text nya? Tentu saja bisa banget kalau yang dipencet ini!


Selama ini, kamu bisa menemukan semua kata yang salah dan dikoreksi otomatis menggunakan “Find and Replace”. 


Sayangnya, format tulisan kamu tidak bisa sekalian diubah.

Untuk itu, pijit aja kepala kamu, eh maksudnya pijit aja “Ctrl+H”. Muncul deh Tampilan “Find and Replace”. Kemudian kamu klik “More” yang muncul di tampilan tersebut. Nah sekarang, kamu bisa sekalian mengganti format kata yang diinginkan ketika “Replace”.

2. Ketika sedang mengerjakan tugas yang super duper panjang, ada jalan pintas nih agar kamu tidak usah capek-capek scrolling.


Gunakan aja tombol “Shift+F5”. Dengan begitu, kamu bisa berloncat-loncat di antara bagian-bagian paling aktif.


3. Abaikan dulu hyperlink referensi dengan “Insert > Hyperlink”. Coba deh yang lebih cepat: Nih pake “Ctrl+K” aja.


4. Gak selamanya harus pakai “Caps Lock” untuk huruf kapital.  Mending pake “Ctrl+Shift+A”.



Shortcut tersebut secara otomatis membuat huruf kapital pada kata yang diblok. Di sisi lain, juga berfungsi bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf biasa.

5. Kertas Portrait dan Landscape sekaligus dalam satu file? Tentu saja bisa!


Tentukan dulu halaman yang ingin kamu atur menjadi portrait dan landscape. Kemudian klik “Page Layout > Page Setup > Margins > pilih Custom Margins”. Pilih “Portrait” atau “Landscape”. Pada pilihan “Apply to”, klik “Selected Text”.


Cara ini juga bisa kamu lakukan dengan cara klik “Page Layout > Section Breaks” di toolbar. Selain untuk orientasi halaman, kedua cara itu juga bisa dipakai untuk mengatur nomor halaman dokumen skripsi atau buku juga.

6. Jika kamu terbiasa memakai konsep khusus kamu saat mengetik, percayalah bawha lain kali kamu bisa membuatnya secara otomatis!


Biasanya, memang ada format tertentu saat menulis skripsi yang diwajibkan dosen atau fakultas. Tapi, pasti sulit dan pegel juga kan jika harus bikin format sama terus-menerus per bab dan dibuat manual.


Gak usah gelisah galau merana! Mulai sekarang, kamu bisa kok membuat template. Klik “Home”, klik panah ke bawah untuk membuat templatemu sendiri atau cari “New Style”. Dari paragraf, indent, rata kiri kanan, bahkan sampai font bisa diatur saat itu juga. praktis!

7. Mengatur pilihan “Paste” memudahkanmu menulis referensi URL dan tidak otomatis menjadikannya hyperlink.


Perintah “Paste” ternyata bisa kamu atur! Jadi, kamu gak usah repot copy URL ke dalam tugas papermu dan bisa menyesuaikan formatnya sesuai selera juga. Klik tombol Office (kiri atas), Word Options, Advanced.

Sampai di situ, sudah seharusnya kamu bisa melihat pilihan Cut, Copy, Paste. Langsung aja deh atur sesuai keinginan kamu.

8. Agar skripsi kamu keliatan rapi, formal, dan profesional, “Full Justification Formatting” tanpa disadari akan membuatnya sempurna.


Agar rata kiri dan kanan benar-benar sempurna, rapi, tampak profesional, dan formal, klik logo “Office > Word Options > Advanced > klik Layout Options”. Lalu, mulailah kamu mengatur dari sini sesuai keinginan kamu.

9. Ingin cut paste banyak? Mungkin kamu perlu lebih mengenal SPIKE!

Kebayang ya kalau bisa memilih beberapa paragraf acak dari beberapa dokumen, kemudian kamu paste di satu file sekaligus? Ternyata, ada caranya. Namanya SPIKE.

Blok kata yang ingin di cut, terus tekan “Ctrl+F3”. Ini yang disebut SPIKE. Kamu blok bagian lainnya juga dengan cara yang sama.

Ketika dirasa cukup, kamu tinggal paste dengan “Ctrl+Shift+F3”. Semua yang kamu blok dan cut, tampil rapih banget di file baru.


10. Atasi hilangnya dokumen dengan tips rahasia ini!


Kamu klik aja “File > Open”. Pilih file yang rusak dan ambil command “Recover Text from Any File” dari daftar tipe file
Gimana? Gampang kan? Ayo dong kerjain lagi skripsinya! biar cepet lulus,,, hehe..



Sumber : IdnTimes